Ketahuilah Cara Merawat Kandang Kucing yang Tepat dan Benar

Posted on

Cara merawat kandang kucing juga penting anda ketahui selain perawatan pada hewan itu sendiri. Namun, apakah anda sudah merawat kandang kucing dengan benar? Cara ini wajib anda lakukan karena demi melindungi serta menjaga kesehatan, baik untuk anda maupun hewan peliharaan.

Kandang yang kotor, tak jarang menimbulkan stres bagi hewan. Paling tidak, anda wajib membersihkannya 2 kali dalam satu hari. Dengan demikian, hewan peliharaan seperti kucing akan terhindar dari virus yang membahayakan.

Cara Merawat Kandang Kucing
hillspet.co.id

Begini Cara Merawat Kandang Kucing

Pernahkah kucing yang anda pelihara selalu mengeong dengan kencang atau kabur saat ingin dimasukkan dalam kandang? Kemungkinan ada penyebab pada keadaan kandang itu sendiri, misalnya kurang bersih. Bahkan, jenis kucing Persia akan tidak betah untuk tinggal dalam kandang yang kotor. Padahal, kandang sangat berguna saat anda akan pergi atau menitipkannya ke orang lain. Lalu, bagaimana cara merawat kandang kucing yang benar?

Langsung bersihkan Kotorannya

Merawat kandang yang pertama adalah dengan segera membersihkan kotoran. Apabila anda meletakkan pasir di dalam kandang, maka jangan membiarkan kotoran tersebut berada di dalam sehingga mengganggu kenyamanan kucing. Gantilah pasir minimal sehari sekali serta buang apabila sudah terkena kotoran. Tetapi, jika anda memakai pasir cuci (zeolite) maka, segeralah cuci dengan bersih dan langsung jemur sampai kering. Cuci kotaknya untuk tempat pasir baru.

Pindahkan Kucing ke Tempat yang Bersih

Jika anda ingin membersihkan kandang atau kotoran yang ada, maka sebaiknya menyiapkan kandang atau tempat yang bersih lebih dulu. Tentu untuk meletakkan hewan peliharaan selama kandangnya anda bersihkan. Kenapa harus dipindahkan? Karena, hal tersebut dapat mengurangi penyebaran virus atau penyakit ke hewan peliharaan.

Kosongkan Kandang

Cara merawat kandang kucing selanjutnya adalah dengan mengosongkan semua yang berada dalam kandang. Seperti piring air, makanan, pasir serta mainan (jika ada). Jika sudah anda pindahkan, maka semua barang-barang tersebut bisa anda cuci atau direndam dengan cairan disinfektan. Tentu untuk mencegah jamur atau bakteri tumbuh dan bisa menyerang kesehatan kucing anda.

Membersihkan Sisi dan Alas Kandang

Selain membersihkan tempat kotoran kucing maka selanjutnya anda bisa membersihkan bagian luar kandang. Apabila kandang menggunakan bahan kawat, maka dengan menyemprotkan air mengalir demi menghilangkan kotoran serta bau tak sedap. Jangan lupa untuk menyemprotkan cairan anti bakteri setiap sisi kandang. Sikat dengan bersih dan keringkan sebelum memasukkan tempat pasir atau perlengkapan tidur kucing ke dalamnya.

Persiapan Kebersihan Diri

Sebelum cara merawat kandang kucing dilakukan, tidak ada salahnya untuk memakai masker serta sarung tangan. Kemudian, setelah selesai membersihkannya, maka segera lepas masker dan sarung tangan, lalu buang. Selanjutnya, jangan lupa untuk mencuci tangan menggunakan sabun sampai bersih dengan air mengalir.

Cara perawatan kandang kucing ini dapat anda lakukan dengan baik karena bisa membuat hewan peliharaan tersebut betah dan nyaman di dalam kandang. Selain itu, tentu saja juga bisa membuat kucing tetap sehat.

Tips terbaik untuk merawat kandangnya adalah dengan memakai cairan desinfektan. Karena, cairan tersebut dapat dengan efektif membunuh virus atau jamur. Selain cara merawat kandang kucing, anda juga dapat memandikannya. Bisa pergi ke petshop atau dengan memandikannya di rumah. Pergunakan sampo khusus hewan agar hasilnya lebih bagus. Langkah yang dilakukan dengan baik dan benar akan membuat hewan peliharaan sehat serta lebih betah berada dalam kandang. Jadi, selamat mencoba dan semoga bermanfaat!