Tips Menjaga Kebersihan Kandang Kelinci Secara Efektif dan Mudah

Posted on

Terdapat cara sederhana menjaga kebersihan kandang kelinci yang dapat anda lakukan dengan mudah dan cepat. Dalam hal ini tidak ada aturan baku untuk seberapa sering anda harus membersihkan kandang kelinci.

Akan tetapi, dengan melakukan pembersihan secara rutin akan membuat segalanya menjadi lebih mudah. Bahkan dapat menjaga kesehatan kelinci kesayangan anda di masa yang akan datang.

Menjaga Kebersihan Kandang Kelinci
morningchores.com

Cara Sederhana Menjaga Kebersihan Kandang Kelinci

Kelinci merupakan salah satu hewan lucu yang sangat cocok untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan. Hewan ini sebenarnya relatif bersih.

Kelinci sama halnya dengan kucing yang dapat membersihkan dirinya sendiri dengan cara self grooming. Meskipun demikian, sama dengan hewan peliharaan lainnya, kelinci tidak dapat membersihkan kandang tempat ia tinggal.

Bagi anda yang gemar memelihara kelinci, maka harus memperhatikan bagaimana cara membersihkan serta melakukan perawatan kandang kelinci secara teratur dan rutin. Kebersihan kandang dapat menjadi cerminan bahwa kelinci yang anda pelihara juga hidup sehat.

Berikut ini beberapa tips menjaga kebersihan kandang kelinci secara sederhana yang dapat anda lakukan secara teratur agar kelinci tetap sehat, antara lain:

Membersihkan Kandang Kelinci Secara Harian

Untuk menjaga kebersihan pada kandang kelinci anda, lakukan kegiatan ini untuk perawatan kandang sehari-hari:

  1. Langkah pertama keluarkan kelinci dari kandang terlebih dahulu dari kandang agar lebih mudah dalam proses membersihkannya.
  2. Selanjutnya keluarkan makanan segar yang tidak dimakan dalam setiap harinya. Hal tersebut untuk menghindari pakan kelinci yang basi ketika dikonsumsi. Anda dapat melakukan kegiatan ini minimal dua kali dalam sehari pagi dan malam hari.
  3. Cuci serta isi ulang botol minum kelinci. Sikat botol hingga bersih sebelum anda kembalikan ke dalam kandang kelinci kembali.
  4. Bersihkan noda kecil yang ada di dalam kandang. Seperti tumpahan air ataupun gumpalan urine yang ada di luar litter box yang anda miliki. Sebaiknya anda ganti area ini dengan menggunakan rerumputan kering atau alas tidur yang nyaman lainnya.
  5. Bersihkan litter box serta ganti dengan pasir yang baru secukupnya. Hal ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan serta kebersihan kandang kelinci.

Membersihkan Kandang Kelinci Secara Mingguan

Selain dengan cara harian, perlu juga untuk membersihkan kandang kelinci secara mingguan. Kegiatan yang dapat anda lakukan antara lain:

  1. Lepaskan semua aksesoris serta mainan yang terdapat pada kandang kelinci
  2. Cuci serta gosok wadah makanan dengan sabun yang ramah untuk hewan. Bilas hingga bersih sehingga tidak tersisa lagi sabun di dalam wadah.
  3. Angkat serta cuci semua alas tidur yang terdapat pada kandang kelinci. Ganti alas tidur dengan alas atau kain yang bersih.
  4. Selanjutnya anda dapat membersihkan kandang dengan menggunakan air panas serta menggunakan cuka.
  5. Hal in bertujuan untuk menghilangkan bekas urine yang membandel. Jika ukuran kandang lebih kecil, anda dapat membongkar serta membilas kandang dengan menggunakan air atau selang hingga bersih.
  6. Saat membersihkan kandang kelinci, sebaiknya anda mendesinfektan kandang tersebut seminggu sekali. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan berbagai bakteri yang masih menempel dalam kandang. Selanjutnya jangan lupa bersihkan kandang yang sudah anda berikan disinfektan menggunakan air bersih.

Untuk membantu dalam menjaga kebersihan kandang kelinci, maka penting bagi anda untuk mengecek keluarnya urine serta kotoran kelinci. Hal ini untuk memastikan akan kesehatan pada kelinci yang anda pelihara, jika tidak terdapat kotoran yang ia buang dalam setiap harinya. Membersihkan kandang secara rutin, maka kelinci akan memperoleh lingkungan kandang yang nyaman serta bersih.