Cara Menjaga Kebersihan Kandang Burung dari Kuman Hingga Karat

Posted on

Cara menjaga kebersihan kandang burung tidak semudah anda saat membelinya. Kebersihan sangkar memang menjamin kondisi burung agar tetap sehat. Sebab, tidak hanya manusia saja yang ingin berada di lingkungan bersih. Semua makhluk hidup pun menginginkan tempat tinggal yang bersih dan sehat.

Sebenarnya membersihkan kandang burung tidak harus setiap hari. Sebagai pemelihara burung anda perlu tahu waktu yang tepat dan bagaimana cara paling efektif. Sehingga burung bisa hidup dengan baik dan layak.

Cara Menjaga Kebersihan Kandang Burung dari Kuman Hingga Karat
bestchoice.sg

Cara Menjaga Kebersihan Kandang Burung dengan Mudah

Saat ini banyak sekali kolektor burung di Indonesia. Bahkan ada yang sengaja memeliharanya karena untuk diadukan. Untuk jenis burung aduan tentu berbeda cara perawatannya.

Sayangnya sebagian besar orang masih kurang paham bagaimana cara menjaga kebersihan kandang. Berbagai cara bisa anda lakukan dengan mudah.

Anda bisa membersihkan kandang secara efektif sehingga kesehatannya terjaga. Sebenarnya banyak cara yang bisa anda lakukan untuk menjaga kebersihan sangkar.

Mulai dari membersihkan kotoran, menghilangkan bau, hingga menghilangkan karat. Cara yang bisa anda lakukan cukup mudah. Hanya saja untuk mengatasinya dengan cara berbeda.

Membersihkan Kotoran di Kandang Burung

Kotoran burung yang terlalu lama akan meninggalkan bau yang menyengat. Selain mengganggu orang yang ada disekitar burung pun juga akan tidak nyaman.

Jika kotoran burung tidak dibersihkan secara rutin tentu akan mengering dan membatu. Sehingga membuat anda akan sulit saat membersihkannya. Cara menjaga kebersihan kandang burung yang bisa anda lakukan yaitu dengan mengguyurkan dengan air.

Bahkan anda juga perlu menggunakan sikat gigi bekas agar kotoran hilang. Gunakan sabun pencuci piring agar kuman, bakteri dan virus akan hilang dengan sempurna. Bersihkan tangkringan tempat burung bertengger.

Menghilangkan Bau di Sangkar Burung

Selain membersihkan kotoran burung tentu ada bau yang sering mengganggu. Menghilangkan bau dalam sangkar menjadi salah satu cara menjaga kebersihan kandang burung.

Anda bisa menggunakan air jeruk untuk mengatasinya. Cara yang bisa anda lakukan yaitu:

  1. Siapkan 2 buah jeruk nipis, potong menjadi beberapa.
  2. Peras jeruk dan ambil airnya, campur dengan air hangat.
  3. Masukkan 2 sdt baking powder ke dalam gelas.
  4. Semprotkan campuran air tersebut ke bagian kandang burung. Misalnya pada tangkringan, tempat makan dan minum hingga jerujinya.
  5. Diamkan sebentar dan bilas dengan air bersih. Selanjutnya jemur dibawah sinar matahari.

Membersihkan Tempat Pakan dan Minum Burung

Kesehatan burung tentu harus dijaga dalam kondisi apapun. Tidak hanya pada sangkarnya saja. Anda juga perlu membersihkan bagian tempat pakan dan minum burung.

Cara menjaga kebersihan kandang burung juga pada tempat pakan dan minum burung.

Sebab, wadah tersebut juga memiliki peran penting untuk kesehatannya. Maka dari itu, sebaiknya jaga juga kebersihan wadah tersebut.

Biasanya wadah tersebut akan berjamur karena terkena kotoran dan air. Cara untuk membersihkannya yaitu gunakan spons dan sabun cuci piring.

Bilas dengan air hangat atau justru panas. Setelah bersih biarkan mengering di bawah sinar matahari. Jangan biarkan menjemurnya terlalu lama.

Membersihkan Karat pada Sangkar Burung

Sangkar burung yang terbuat dari besi sering sekali berkarat karena terpakai dalam waktu lama. Anda bisa bersihkan karat dengan menggunakan asam sitrat.

Cara yang bisa anda lakukan yaitu campurkan asam sitrat dengan air panas. Selanjutnya usap pada bagian ruji yang berkarat.

Sebenarnya menjaga sangkar atau kandang burung perlu dilakukan agar kondisinya dalam keadaan bagus. Sebaiknya gunakan cara menjaga kebersihan kandang burung baik dari kotoran, hingga karat yang membandel.