Cara Merawat Kandang Ayam Broiler Agar Bisa Tumbuh dengan Baik

Posted on

Cara merawat kandang ayam mempengaruhi bisnis anda. Tidak sedikit masyarakat Indonesia yang memiliki mata pencaharian sebagai peternak.

Bahkan ayam yang biasa dijadikan ternak juga cukup beragam. Mulai dari broiler, kampung, hingga petelur. Semua jenis ayam tentu membutuhkan tempat tinggal yang nyaman yaitu kandang.

Jika ayam tidak merasa nyaman tentu akan mempengaruhi pada kelangsungan hidupnya. Hewan tersebut justru akan stress bahkan mati.

Sehingga mempengaruhi hasil usaha yang anda dirikan. Berbeda jika kandangnya selalu dalam kondisi bersih dan membuatnya nyaman.

Ayam akan betah dan tumbuh berkembang dengan baik. Maka dari itu, sebagai pemilik usaha terapkan cara merawat kandang ayam dengan benar.

Pastikan kondisinya selalu bersih agar terhindar dari wabah penyakit. Kebersihan kandang memang menjadi kunci keberhasilan anda dalam dunia peternakan.

Cara Merawat Kandang Ayam Broiler Agar Bisa Tumbuh dengan Baik
id.pinterest.com

Cara Merawat Kandang Ayam Sesuai Jenisnya

Budidaya ayam kini semakin banyak dan berkembang. Bahkan peternak berbagai jenis ayam pun semakin melebarkan sayapnya.

Bagi anda yang ingin memulai usaha ternak sebaiknya paham dulu bagaimana cara merawat hingga membersihkan kandangnya.

Kandang memang memiliki peran penting dalam kehidupan ayam di peternakan. Jika tempat tinggalnya nyaman maka hidup akan lebih tenang.

Sehingga ayam akan merasa senang dan tumbuh berkembang dengan baik. Kenyamanan juga dipengaruhi terhadap konstruksinya.

Jika kandang memiliki konstruksi yang besar maka cukup baik. Sebab, dengan tempatnya yang luas membuat sirkulasi udara lebih segar secara alami.

Dengan adanya udara segar dalam kandang tentu memberikan tingkat kenyamanan tinggi. Selain itu, polusi akan bau yang dihasilkan akan tercegah.

Sehingga suhu ruangan dalam kandang pun tidak berubah secara mendadak.

Merawat Kandang Ayam Broiler

Beragam jenis ayam memang kini cukup mudah dikembangkan. Banyak langkah yang perlu anda lakukan ketika merawat kandang ayam agar tetap steril.  Sebaiknya anda selalu bersihkan kadang secara teratur.

Jika anda biarkan kotoran menumpuk menimbulkan kadar amonia tinggi. Jika hal ini terjadi ayam broiler akan kehilangan nafsu makan. Sehingga pertumbuhannya tidak akan terpenuhi.

Keluarkan Semua Peralatan

Tahap selanjutnya yang perlu anda lakukan yaitu mengeluarkan barang dari kandang. Misalnya tempat pakan, minum, hingga perlengkapan lainnya.

Karena perawatan yang bisa dilakukan saat ayam sudah tidak ada dalam kandang. Sehingga anda bisa bersihkan kandang dengan cara menyapu dan membersihkannya dari kotoran.

Penyemprotan Desinfektan

Penyemprotan kandang menjadi tahap yang paling berperan penting. Dengan adanya pensterilisasi kandang maka berbagai kuman, bakteri dan penyakit bisa hilang.

Sehingga tidak akan mengganggu ayam ketika kembali. Jangan hanya menggunakan air dengan sabun. Sebaiknya gunakan cairan desinfektan yang aman dan terkendali.

Tidak hanya pada bagian kandangnya saja. Anda juga bisa merendam tempat makan dan minum agar tetap steril. Apalagi desinfektan cukup aman untuk bahan makanan.

Sterilisasi

Ada tahapan terakhir yang perlu dilakukan dalam merawat kandang ayam broiler. Sterilisasi menjadi salah satu langkah yang harus anda lakukan.

Hal ini bertujuan agar ayam yang akan kembali dipelihara bisa hidup dengan nyaman dan tenang. Sehingga pertumbuhannya pun tidak akan terganggu.

Biasanya sterilisasi terjadi kurang lebih satu minggu atau lebih. Saat proses berlangsung tidak akan ada satu ekor ayam pun yang masuk. Sehingga kandang ayam dalam kondisi baik dan sehat.

Budidaya ayam broiler memang kelihatannya mudah. Hanya saja anda perlu lebih jeli dan teliti pada perawatannya. Lakukan cara merawat kandang ayam agar tetap sehat dan tumbuh dengan baik.