Cara Merawat Ikan Cupang Blue Rim Supaya Tidak Bocor

Posted on

Cara merawat ikan cupang blue rim menjadi salah satu cara yang banyak dicari oleh pecinta ikan cupang. Jenis ikan ini merupakan varietas cupang plakat yang memiliki kecantikan tersendiri. Tubuhnya berwarna putih dan berhiaskan sirip berwarna biru pada bagian atas dan bawah ekor. Bahkan terkadang pada bagian lingkaran mata juga memiliki warna biru yang indah.

Seperti yang kita tahu, jenis ikan cupang itu sangat banyak. Salah satunya adalah Blue Rim Plakat Betta atau Betta splendens. Ikan cupang jenis ini memiliki warna dengan kualitas tinggi  dilihat dari varietas tubuh serta bagian sirip plakat yang begitu populer.

Ikan cupang jenis ini memang terlihat unik. Sehingga wajar jika para breeder suka sekali dengan ikan cupang blue rim karena memang memiliki kualitas yang tinggi sehingga membuatnya laku di pasaran.

Cara Merawat Ikan Cupang Blue Rim Supaya Tidak Bocor
pinterest.com

Begini Cara Merawat Ikan Cupang Blue Rim yang Benar

Ikan cupang merupakan spesies yang hidupnya di wilayah perairan yang tergenang atau lambat. Selain memiliki insang, cupang juga mempunyai organ labirin yang bisa membantu cupang menghirup udara atmosfer di air yang memiliki kadar oksigen rendah.

Jenis ikan cupang bukanlah perenang yang aktif atau cepat. Meski begitu supaya cupang blue rim tidak bocor butuh perawatan yang baik dan benar.

Lantas bagaimana cara merawat hewan ini? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Penyebab Ikan Cupang Blue Rim Bocor

Bisanya blue rim bocor karena berbagai kemungkinan. Seperti kualitas air yang kurang baik untuk cupang. Dengan begitu cupang tidak nyaman dan stress.

Bisa juga karena pakan cupang yang membuatnya bocor. Misalnya pemberian pakan pelet dan jentik nyamuk yang membuat blue rim bocor. Banyak juga yang beranggapan bahwa air daun ketapang bisa mengakibatkan blue rim bocor.

Nah, bila Anda mempunyai ikan cupang blue rim dan tidak mahu warnanya bocor, maka Anda harus mencoba cara berikut ini.

Rutin Mengganti Air

Supaya ikan cupang blue rim tetap clean, Anda bisa mengikuti cara merawat ikan cupang blue rim yang benar. Caranya dengan rutin mengganti air dengan yang jernih dan sudah diendapkan dengan garam selama 4 hari. Ini bertujuan untuk membuat ikan cupang selalu merasa nyaman dengan tempat hidupnya.

Berikan Pakan Alami

Selanjutnya Anda bisa memberikan pakan alami pada ikan cupang. Salah satu alternatif pakan yang baik untuk ikan cupang adalah cacing sutra atau kutu air. Dalam pemberian pakan harus memperhatikan jumlahnya. Sebaiknya Anda berikan pakan dalam jumlah yang tepat dan tidak berlebihan.

Jemur Rutin

Setiap pukul 09.00 pagi, atau ketika sinar matahari pagi mulai hangat Anda bisa menjemur ikan Cupang. Lakukan proses penjemuran ini sekitar 10 menit atau hentikan ketika kondisi air dalam wadah mulai menghangat. Bila sekiranya sebelum 10 menit air sudah mulai menghangat dan tidak sedingin sebelumnya, maka Anda bisa segera memindahkan ikan cupang.

Rutin Mengganti Air

Air juga sangat berpengaruh untuk kesehatan dan hidup cupang. Sebaiknya Anda mengganti air secara rutin 5 hari sekali atau ketika air tersebut sudah mulai terlihat kotor. Anda bisa menjemur dan mengganti air tersebut secara rutin. Dengan begitu, maka Anda bisa melihat ikan cupang blue rim clean dan tidak bocor.

Ketika Anda menerapkan cara merawat ikan cupang blue rim tersebut dengan benar, maka blue rim tidak akan bocor. Sebaliknya ikan cupang akan menjadi clean dan warnanya akan terlihat begitu menarik. Sehingga selain menambah keindahannya juga akan meningkatkan kualitas dan harga jualnya nanti.