Makanan Ular Sanca Peliharaan, Lengkap dengan Cara Pemberiannya

Posted on

Mengetahui apa saja makanan ular sanca sangat penting bagi Anda pecinta reptil. Bila Anda memelihara ular sanca atau retic di rumah, anda harus merawatnya dengan baik dan benar. Perhatikan kebersihan dan juga makanannya.

Ular sanca ini tidak mempunyai bisa. Jenis ular ini akan membunuh mangsanya dengan melilit tubuh hingga kehabisan nafas. Ular sanca termasuk ke dalam jenis ular yang terbesar di dunia. Ular sanca dewasa bisa memiliki panjang 5 sampai 7 meter. Bahkan dengan ukuran seperti itu, ular sanca ini bisa membunuh orang dewasa sendiri dengan melilit mangsanya.

Makanan Ular Sanca Peliharaan, Lengkap dengan Cara Pemberiannya
everythingreptiles.com

Makanan Ular Sanca Peliharaan

Sebenarnya ular sanca atau retic termasuk ke dalam jenis hewan pemakan segalanya. Mulai dari tikus, ayam, marmut, kelinci bahkan daging sapi juga bisa menjadi makanan hewan peliharaan yang satu ini. Bila dibandingkan dengan jenis ular yang lain, nafsu makan retic atau ular sanca ini termasuk yang nomor satu. Maka dari itu, hewan ini mendapat julukan tong sampah. Itu artinya apapun bisa saja masuk ke dalam perutnya.

Bila Anda memelihara ular sanca yang masih baby, maka Anda bisa memberikan makanan seperti tikus mencit muda. Sebaiknya jangan memberikan makan terlalu banyak saat ular masih kecil. Sebab ini bisa membuat ular sanca muntah.

Ketika memberikan makanan dengan intensitas yang sering dan dalam jumlah yang banyak akan membuat ular cepat besar. Anda juga harus ingat bahwa memelihara ular ini bukan hanya satu dua tahun saja.

Anda harus bertanggung jawab mengurusnya sampai besar. Ular sanca dengan panjang diatas 1 meter darap diberi makan marmut atau rat. Sementara itu, makanan ular sanca peliharaan yang masuk ukuran 3 meter keatas bisa Nada beri makan berupa kelinci atau ayam.

Saat ular hidup di alam liar biasanya ia memangsa binatang kecil seperti tikus dan lainnya. Namun kenyataannya ketika Anda memelihara ular harus memberinya makanan yang sehat. Anda bisa mendapatkannya dengan cara membeli tikus yang sehat di petshop.

Makanan Hidup atau Beku

Anda bisa memilih makan yang masih hidup atau yang sudah beku untuk ular sanca. Saat ini sudah beredar banyak produk makanan ular peliharaan. Anda bisa memilih tikus yang masih hidup. Bisa juga membeli tikus beku yang sudah dikemas agar bisa diawetkan untuk stok makanan ular.

Anda bisa memberikan makanan sesuai dengan ukuran tubuh ular. Umumnya tikus yang dijual memiliki ukuran yang bervariasi. Ular sanca yang kecil tentunya membutuhkan mangsa yang lebih kecil pula. Saat ular tersebut besar, ukuran makanan ular sanca  pun harus disesuaikan.

Sebab bila Anda memberi makanan yang ukurannya terlalu besar bisa membuat ular tersebut kesulitan mencerna makanannya. Maka dari itu, akan lebih baik bila Anda memberi makan yang sesuai dengan ukuran tubuh ular sanca.

Jangan Lupa Sediakan Air

Disamping memberi ular sanca makan, Anda juga bisa menyediakan air dalam kandang. Sebaiknya anda siapkan semangkuk besar air tawar yang cukup dipakai untuk berendam ular. Meski ular sanca tidak banyak minum air, akan tetapi ular akan menenggelamkan tubuhnya di dalam air agar bisa tetap sehat dan segar.

Bersihkan Kandang Secara Rutin

Selain memperhatikan makan dan minumnya, Anda juga harus memperhatikan kebersihan kandang ular sanca. Selalu bersihkan kandang dari makanan yang tidak habis dimakan ular. Kebersihan kandang harus diperhatikan supaya ular peliharaan selalu bebas dari bakteri dan kesehatannya terjaga.

Saat Anda memperhatikan makanan ular sanca dan semua hal tersebut, maka ular sanca peliharaan atau retic bisa tumbuh dengan baik dan sehat.