Cara Membuat Kandang Ayam Petelur yang Sederhana dan Mudah

Posted on

Cara membuat kandang ayam petelur tidak begitu sulit jika Anda mengikuti langkah sederhana yang tepat. Ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan dan lakukan agar kandang ayam petelur tersebut nyaman digunakan.

Bisnis ayam petelur cukup menjanjikan. Sehingga banyak orang yang memilih cara tersebut untuk memelihara ayam agar lebih menguntungkan. Kandang merupakan tempat yang sangat penting untuk budidaya ayam petelur. Hal tersebut selain berfungsi untuk tempat tinggal ayam, namun juga untuk melindunginya dari pemangsa dan hujan maupun panas.

Cara Membuat Kandang Ayam Petelur
youtube.com

Ini Cara Membuat Kandang Ayam Petelur yang Benar

Begitu pentingnya kandang untuk hewan piaraan, maka Anda harus membuatnya sesuai dengan kebutuhan hewan tersebut. Hal ini untuk mempermudah dalam mengontrol kondisi hewan, memudahkan pemberian pakan, serta mempermudah dalam menghasilkan panen.

Jenis kandang yang cocok Anda buat adalah kandang baterai yakni berbentuk sangkar empat persegi panjang dan berderet memanjang dan bertingkat.

Hal ini bisa Anda buat meskipun di lahan yang kecil dan bermanfaat bagi hewan tersebut sehingga lebih efektif untuk menghasilkan telur. Lakukan beberapa hal berikut.

Menyiapkan Bahan Membuat Kandang

Cara membuat kandang ayam petelur, Anda membutuhkan bahan berupa bambu atau kawat sebagai kandang ayam tersebut. Jika Anda menginginkan bahan yang lebih simpel, tentu bahan kawat adalah pilihan tepat. Namun jika Anda ingin memanfaatkan tanaman bambu di sekitar Anda, maka bisa menggunakan bambu tersebut.

Menyesuaikan Ukuran Kandang

Membuat kandang haruslah Anda tentukan dari lokasi atau lahan yang akan Anda buat kandang tersebut. Kandang baterai sangat cocok untuk Anda yang memiliki lahan sempit. Selain itu, Anda juga dapat membuatnya tingkat.

Hal lainnya adalah menyesuaikan dengan jumlah ayam petelur yang akan Anda pelihara. Menyesuaikan kondisi ukuran kandang juga dapat mempengaruhi produktivitas serta kesehatan ayam petelur.

Cara membuat kandang ayam petelur yang tepat dengan bentuk kandang yang memanjang dapat Anda buat sekat kecil dengan ukuran lebar 40cm, tinggi bagian depan 37 cm, tinggi belakang 30 cm, dan panjang 40cm.

Pastikan Anda membuatnya dengan ventilasi terbuka depan, belakang, dan samping. Pada lantainya buatlah miring agar telur dapat menggelinding ke arah depan. Buatlah lantai agak renggang agar kotoran langsung jatuh ke bawah.

Membuat Tempat Minum dan Makan

Pembuatan tempat makan dan minum secara bertingkat. Di mana tempat minum bagian atas serta tempat makan pada bagian bawah.

Anda bisa membuat tempat tersebut dengan bahan pipa atau kayu. Namun untuk tempat minum, sebaiknya dari pipa. Pastikan pipa tersebut tidak mengalami kebocoran agar nantinya dapat menampung air bersih cukup banyak.

Pengaturan Posisi Kandang

Cara membuat kandang ayam petelur ini harus Anda sesuaikan dengan tempat atau lokasi kandang tersebut. Jika lahannya sempit, Anda bisa membuat kandang tersebut secara panggung.

Kotoran ayam akan secara otomatis jatuh ke bawah dan mempermudah proses pembersihan kandang. Pembersihan kotoran nantinya akan membuat sirkulasi udara menjadi sehat. Kotoran juga tidak menumpuk di lantai tempat ayam tersebut berpijak.

Usahakan sistem tingkat dengan menggeser ke samping sehingga kotoran tidak menimpa ayam lainnya di bawah. Maksimal pembuatan tingkatnya adalah 3 tingkat. Hal ini untuk menanggulangi kesulitan mengontrol ayam petelur terutama kebersihannya.

Syarat pembuatan kandang setidaknya ketinggian 1 meter hingga 1,5 meter. Hal tersebut untuk mengurangi unsur amoniak yang dihasilkan dari ayam itu sendiri. Sementara jarak ideal kandang dapat menggunakan ukuran 1x lebar kandang.

Lakukan cara membuat kandang ayam petelur yang benar agar perawatan ayam tersebut lebih mudah sehingga ayam lebih sehat dan produktivitasnya lebih baik.