Cara Merawat Hamster Agar Tumbuh Sehat dan Tidak Bau

Posted on

Cara merawat hamster sebenarnya cukuplah mudah asal memiliki rasa sabar dan penyayang terhadap binatang. Hamster merupakan hewan pengerat yang banyak dicari pecinta hewan untuk dipelihara. Binatang yang imut dan lucu ini sangat cocok bagi anak-anak.

Hamster identik dengan kartun animasi Jepang Hamtaro. Tubuhnya yang kecil dan imut ini sangat lembut saat dielus. Meskipun begitu, sebaiknya hindari menyentuhnya secara terus-menerus.

Cara Merawat Hamstera
bp-guide.id

Simak Cara Merawat Hamster Agar Bisa Berkembang dengan Sehat

Hamster merupakan salah satu binatang dengan masa hidup yang pendek. Kebanyakan hamster hanya mampu bertahan hidup mulai 4 tahun hingga 8 tahun saja. Namun jika kalian pandai merawatnya, kalian bisa memperpanjang masa hidup mereka.

Di Indonesia sendiri hamster sangat mudah ditemukan di toko hewan dengan harga yang terjangkau sesuai jenis dan kelangkaannya. Binatang ini masih masuk ke dalam jenis hewan pengerat dan biasanya lebih aktif pada malam hari. Hamster juga termasuk jenis herbivora karena hanya mengonsumsi makanan dari tumbuhan.

Cara merawat hamster pun tidak rumit karena ukuran yang kecil dan sumber makanan mudah didapat. Berikut cara perawatan hamster agar tetap sehat.

Rajin Membersihkan Kandang

Agar hamster tetap sehat dan tidak mengeluarkan bau yang menyengat, cara merawatnya dengan melakukan pembersihan untuk kandang. Ganti serbuk kayu atau pasir zeolit setidaknya satu minggu sekali.

Penggantian alas kandang ini bisa membuat hamster tidak malas-malasan dan menjadi semangat. Karena jika tidak mengganti alasnya, kandang akan bau dan bulu hamster bisa menyerap air seninya sendiri.

Meskipun hamster memiliki kebiasaan membuang air seni di pojokan. Jika kalian malas membersihkan kandang, maka air seni akan mengalir dan membasahi alas. Kesalahan cara merawat itulah yang menyebabkan hamster terkadang memiliki bau yang sangat menyengat.

Memberikan Tempat yang Aman untuk Bersembunyi

Salah satu cara merawat hamster yang benar adalah dengan menyediakan tempat persembunyian. Cara alami hamster untuk melindungi dirinya sendiri adalah dengan bersembunyi.

Hal ini karena dalam rantai makanan, hamster adalah mangsa. Sehingga mereka membutuhkan tempat untuk bersembunyi saat gugup, takut, atau akan tidur.

Lalu benda apa yang bisa digunakan untuk bersembunyi hamster? Kalian bisa menggunakan karton penggulung tisu atau batok kelapa untuk tempat hamster bersembunyi. Tempat persembunyian ini akan membuat mereka merasa aman.

Beri Roda untuk Berolahraga

Hamster sangat menyukai roda untuk bermain-main, karena binatang ini dilahirkan untuk berlari. Di habitat aslinya, hamster bisa berlari hingga 5 mil setiap hari untuk mencari makanan. Untuk itulah, jika kalian memelihara hamster, salah satu cara merawatnya dengan memberikan roda pada kandang.

Berlari ternyata tidak hanya dilakukan saat ingin mencari makan, tetapi hamster butuh bergerak untuk menghangatkan badan. Selain itu, pemberian roda ini karena ukuran kandang hamster yang kecil. Sehingga cara merawat untuk membuat hamster tetap bergerak adalah dengan memberi roda.

Jangan Menimbun Makanan di Kandang

Memberi makan memang sangat penting untuk binatang peliharaan. Namun jangan memberi biji bunga matahari secara terus-menerus. Kalian juga harus tahu, memberi makanan berlemak terlalu sering bisa mengakibatkan obesitas yang berujung pada penyakit.

Untuk berilah hamster buah atau sayur yang mengandung air sebagai cara merawatnya. Hal yang perlu kalian ingat saat memberi makan hamster adalah jangan menimbun makan terlalu banyak. Karena hamster akan memilih makanan yang baru dan membiarkan makanan lama.

Sehingga makanan tersebut justru bisa menjadi sampah salah kandang hamster. Cara merawat hamster satu ini sangat mudah, namun masih banyak yang belum memahami kesalahannya.