Cara Ternak Domba Modern, Menguntungkan Anti Ribet

Posted on

Cara ternak domba modern kini menjadi opsi yang paling banyak dicari masyarakat, khususnya para peternak milenial. Mengapa harus domba? Sebab domba adalah hewan peliharaan yang dapat dijangkau dengan modal kecil.

Selain itu, perawatan yang relatif mudah, namun memiliki harga jual yang sangat tinggi. Selain itu, domba merupakan hewan yang cepat berkembangbiak (bisa mencapai 3 kali beranak dalam kurun waktu 2 tahun).

Cara Ternak Domba Modern, Menguntungkan Anti Ribet
justdial.com

Simak Cara Ternak Domba Modern, Bisa Dilakukan dengan Mudah

Domba sendiri ternyata juga banyak menghasilkan kemanfaatan. Dagingnya merupakan salah satu sumber protein hewani, sedang kulitnya mempunyai nilai jual dengan harga yang tidak abal-abal. Bahkan, kotorannya saja bisa bermanfaat untuk pupuk kompos tumbuh-tumbuhan.

Terakhir yang tak boleh ketinggalan, domba itu hewan yang mudah beradaptasi, lho. Jadi tak perlu khawatir, ternak domba di tempatmu, mereka tetap akan nyaman, kok.

Bagaimana? Kamu tertarik menjadi peternak domba yang modern? Peternak yang berkualitas, tapi masih awam tentang pemeliharaannya? Kami akan berikan solusinya. Trik-trik menguntungkan tanpa ribet beternak domba  secara modern.

Memilih Jenis Domba

Domba ternyata tidak hanya satu macam saja. Ada beberapa macamnya.

1. Domba Garut

Domba ini merupakan domba hasil persilangan antara domba lokal Indonesia, domba ekor gemuk Afrika Selatan, dan domba Merino dari Asia. Selain diambil dagingnya, ternyata domba ini juga banyak dipelihara sebagai domba aduan.

2. Domba Batur Banjarnegara

Domba yang satu ini awalnya hanya dikembangkan di daerah Banjarnegara dan dijadikan ikon kota tersebut. Namun saat ini sudah bisa diternakkan di semua kota. Banjarnegara sebagai salah satu domba penghasil daging terbaik. Cara ternak domba modern ini pun terbilang mudah.

3. Domba Texel Wonosobo

Domba terakhir ini adalah domba yang berpotensi besar sebagai penghasil daging terbanyak dari berbagai jenis domba di atas.

Silahkan tentukan pilihan domba mana yang akan kamu ternakkan. Semuanya memiliki keuntungan yang berbeda tentunya.

Tentukan Kandang Domba

Kadang tentunya tak boleh sembarang kandang. Kandang domba ada dua jenis, yaitu jenis koloni untuk banyak domba dan jenis tunggal untuk satu domba saja. Perlu diperhatikan untuk yang jenis koloni, pastikan luas ukuran kandang.

Sebab seringkali domba menjadi badmood dan tak nyaman jika kandangnya sempit. Bahkan harus berebut oksigen dengan teman sekandangnya. Dalam cara ternak domba modern ini, biasanya ukuran kandang 1 x 3 meter bisa untuk 10 ekor kambing.

Tiang kandang tentunya juga harus menggunakan material yang kuat. Ini untuk mengantisipasi kerobohan sebab tak jarang domba membentur-benturkan tanduknya. Diusahakan atap kandang terbuat dari bahan yang menyerap panas, semisal atap rumbai atau genteng juga bisa.

Beri jarak antara tanah dengan lantai kandang. Sehingga itu akan mempermudah untuk proses pembersihan kotoran domba. Untuk lantai kandang sendiri, bisa dari kayu atau bambu, ya. Terakhir, jangan lupa untuk memfasilitasi kandang dengan tempat makan dan minum.

Jenis-Jenis Pakan

Tidak sedikit bukan, saat ini yang beternak domba namun malas mencari rerumputan untuk domba. Tidak perlu cemas tentunya. Sebab ternyata, saat ini selain pakan hijau-hijauan, cara ternak domba modern sudah berinovasi menggunakan pakan yang difermentasikan.

Pakan itu terdiri dari pakan konsentrat. Jenis pakan ini mengandung sumber energi dan protein bagi domba. Konsentrat biasanya berupa umbi atau biji-bijian. Bisa juga dengan olahan limbah ampas tahu.

Intinya terbuat dari bahan yang berzat gizi tinggi, berserat rendah, dan mudah dicerna tentunya. Domba bisa juga lho makan jerami, kangkung kering, atau makanan kering lainnya.

Merawat Domba

Ternak domba tentunya juga perlu untuk rutin memandikan si domba satu minggu sekali. Rutin mencukur bulu, biasanya 6 bulan sekali, serta pemotongan kuku bisa dilakukan 4 bulan sekali.

Selesai. Tidak ribet, bukan? Cara ternak domba modern ini memang peluang usaha yang menjanjikan. Ternak domba banyak diminati sehingga banyak produsen yang alih profesi menjadi peternak domba.