Hewan Peliharaan yang Bisa Dilatih dengan Perawatan Low Budget

Posted on

Saat ini  memelihara hewan adalah sebuah trend tersendiri. Orang-orang berlomba memelihara hewan peliharaan yang bisa dilatih. Hal ini berdampak pada munculnya petshop di pinggir-pinggir jalan yang sebenarnya cukup memberi manfaat pada ekonomi kita. Selain itu, juga memberikan kesadaran pentingnya merawat dan mencintai hewan peliharaan.

Memelihara hewan peliharaan juga memberi manfaat kepada perawatnya. Dengan memeliharanya itu bisa menjadi penghibur dengan aksinya dan kicauannya yang menyenangkan. Ketika si pemelihara sedang stres dan jenuh, tentu akan terhibur dengan peliharaan mereka.

Hewan Peliharaan yang Bisa Dilatih dengan Perawatan Low Budget
akc.org

Jenis Hewan Peliharaan yang Bisa Dilatih dan Ekonomis

Kebanyakan dari mereka, memelihara hewan dengan harga yang mahal adalah karena trend saja. Jangan sampai kita merawat hewan hanya karena ikut trend saja ya.

Karena itu berdampak yang kurang maksimal kepada peliharaan kita. Kita pun tidak akan dapat merasakan manfaat yang maksimal. Saat Anda ingin memelihara hewan dan ingin melatihnya namun terkendala biaya, Anda tak perlu khawatir. Berikut ini kami berikan solusi yang anti mainstream.

Kucing

Hewan yang satu ini mempunyai banyak penggemar. Oleh karena itu, banyak pula orang yang memelihara kucing, terlepas dari jenis dan rasnya. Secara umum sifat kucing kepada sang pemeliharanya sama, yaitu lucu dan manja.

Kucing kampung, selain untuk hiburan bisa pula kita latih agar memburu tikus. Sesuai fitrahnya, kucing adalah musuh dari tikus. Ini akan memberikan manfaat yang lebih kepada kita.

Orang tua kita, orang-orang sebelum kita, mereka memelihara kucing untuk mengusir tikus di dalam rumah. Saat ini pun, sebagian masih memanfaatkan kucing untuk mengusir tikus.

Tetapi kini seiring berkembangnya waktu, semakin banyak pula varian obat tikus. Sehingga jarang pula kita temui kucing yang mengejar tikus. Ini menjadi tantangan kita untuk melatih kucing ini.

Berbeda dengan jenis kucing dari luar negeri, mereka memang jenis kucing dengan fisik bagus, bulu indah. Kucing ini memang cukup mahal, perawatannya juga tak semudah kucing kampung.

Jadi, kami sarankan buat Anda untuk memelihara kucing kampung. Selain bisa memburu tikus, lucu, dan perawatannya simpel, biaya hidupnya pun cukup murah.

Kelinci

Salah satu hewan peliharaan yang bisa dilatih adalah kelinci. Kelinci adalah hewan  herbivora yang kecil. Selain unik dan lucu, kelinci juga bisa Anda latih. Hewan kelinci yang terlatih akan memberikan hiburan kepada majikannya.

Kelinci yang terlatih bisa juga buang air di satu tempat khusus, lalu menurut kepada majikannya. Dengan tingkahnya lucu, perawatan yang mudah, dan hewannya bersih, cukup menghilangkan rasa jenuh bahkan stres pemeliharanya.

Burung

Burung sampai saat ini cukup banyak peminatnya. Hal yang berubah-ubah adalah jenis burungnya. Burung banyak diminati orang diantaranya adalah kicauannya, warna bulu, dan harganya di pasaran.

Burung sudah terlatih tentu bisa menghasilkan kicauan yang memukau dan enak didengar si pemelihara. Memeliharanya pun cukup mudah dan tidak mahal. Begitu pula peluangnya cukup menjanjikan jika dikembangkan. Jenis jenis burung ini tak asing lagi di telinga kita, seperti lovebird, perkutut, kenari, derkuku, dan lain-lain.

Anjing

Memelihara anjing bagi masyarakat kita memang cukup ekstrim. Berbeda dengan di luar negeri. Karena memang anjing adalah hewan yang galak, ganas, dan bahkan mematikan. Tapi berbeda dengan anjing yang sudah terlatih.

Anjing yang sudah terlatih biasa dimanfaatkan polisi untuk melacak. Lalu oleh masyarakat sipil digunakan menjaga keamanan rumah maupun aset mereka. Anjing yang terlatih juga punya hubungan emosional kuat dengan majikannya.

Di atas telah kami sebutkan beberapa hewan peliharaan yang bisa dilatih, sehingga dapat bermanfaat untuk kita sebagai majikannya. Untuk hasil yang maksimal, kita juga musti memenuhi hak-hak mereka juga lho.