Tips Merawat dan Membersihkan Kandang Kambing Etawa Secara Tepat

Posted on

Merawat dan membersihkan kandang kambing etawa sebenarnya dapat Anda lakukan dengan cara sederhana.  Sama halnya menjaga kebersihan pada jenis kambing biasa lainnya. Membersihkan kandang kambing etawa juga dapat Anda lakukan dengan menyapu semua kotoran serta sampah setiap harinya.

Kandang akan selalu bersih serta memberikan lingkungan yang sehat bagi kambing tersebut. Mengenai seberapa sering Anda harus membersihkan kandang kambing, tergantung dengan bentuk kandangnya.

Merawat dan Membersihkan kandang kambing etawa
pinterest.com

Deretan Tips Merawat dan Membersihkan Kandang Kambing Etawa

Kondisi kandang yang nyaman serta sehat dapat memberi pengaruh terhadap produktivitas ternak di dalamnya. Kandang memiliki peranan penting untuk memaksimalkan pengawasan serta perawatan terhadap hewan ternak.

Hal ini juga berlaku pada kambing etawa. Dalam hal ini, penting untuk Anda perhatikan bahwa Anda harus menjadikan kandang seperti halnya dengan rumah bagi kambing. Jangan sampai kambing yang Anda pelihara kehilangan esensi mereka akan rumah yang sehat dan nyaman.

Oleh karena itu, perlu Anda pertimbangkan mengenai bagaimana standar kenyamanan dan hunian sehat sesuai dengan kebutuhan kambing. Berikut ini beberapa tips penting dalam membersihkan dan merawat kandang kambing etawa secara tepat, antara lain:

Penempatan Kandang Kambing

Dalam pembuatan kandang kambing etawa, sebaiknya Anda rencanakan dengan matang. Tentukan lokasi yang pas untuk mendirikan kandang kambing secara tepat. Usahakan kandang jauh dari keramaian atau pemukiman.

Jangan mendirikan kandang kambing di dekat jalan raya yang justru dapat membahayakan kondisi kejiwaan bagi kambing. Sebab suasana yang terlalu ramai dapat mengakibatkan kambing menjadi stress.

Dalam pembuatan kandang kambing etawa, sebaiknya Anda buat berbentuk panggung. Hal ini untuk memudahkan dalam proses pembersihan.

Buat lantai kandang sedikit miring, sehingga aliran air dan kotoran akan sangat mudah mengalir ke bawah serta tidak mengendap ke lantai. Selain itu, lantai kandang sebaiknya dibuat berongga yang tidak terlalu lebar. Hal ini memudahkan kotoran jatuh ke dasar kandang.

Adanya Sirkulasi Udara yang Memadai

Kambing etawa memerlukan kandang yang mempunyai sirkulasi udara cukup. Akan tetapi, juga tidak terlalu terpapar oleh angin. Pasalnya, hal ini akan dapat memberikan efek kembung pada kambing terutama pada malam hari.

Kandang Harus Dalam Keadaan Bersih

Kambing etawa mempunyai toleransi rendah terhadap kandang yang kotor dibandingkan dengan kambing biasa. Kandang dalam kondisi kotor serta berbau menyengat akan membuat kambing merasa tidak nyaman. Bahkan kadang membuat kambing tidak selera makan.

Selain itu, kotoran akan membuat kandang mudah mendatangkan bakteri tidak sehat serta mengkontaminasi susu yang dihasilkan. Oleh karena itu, bersihkan kandang kambing sesering mungkin. Usahakan untuk membersihkan kandang kambing pada pagi hari.

Sehingga kambing akan merasa nyaman pada pagi hingga siang hari. Sebab pada waktu pagi hari merupakan saat di mana mengalami aktivitas metabolisme. Penting juga untuk Anda perhatikan, sebaiknya jangan membersihkan kandang saat kambing sedang makan.

Pemberian Disinfektan

Membersihkan dan merawat kandang kambing kambing memerlukan penggunaan disinfektan. Untuk semua peralatan sebelum digunakan sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu guna mencegah berkembangnya mikroba patogen yang dapat mengganggu kesehatan kambing.

Semprot kandang kambing dengan menggunakan Lysol dalam dosis 15ml / 10 liter air. Selain itu, tempat makan dan minumnya direndam menggunakan antiseptik Lysol dengan dosis yang sama. Selanjutnya dikeringkan. Kemudian dimasukkan kembali ke dalam kandang.

Dengan merawat dan membersihkan kandang kambing etawa secara rutin, maka akan menciptakan suasana kandang yang nyaman dan sehat. Dengan demikian, produktivitas kambing etawa yang Anda pelihara pun  akan lebih optimal.